Jum'at, 18 Agustus 2017 

UPACARA PERINGATAN HUT BPK RI KE 70

20/01/2017 – 18:14

 IMG_0906

Manokwari, 16 Januari 2017 – Bertempat di halaman kantor perwakilan BPK, seluruh pegawai di lingkungan BPK Perwakilan Provinsi Papua Barat pada pukul 09.00 WIT melaksanakan upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun BPK ke 70 Tahun 2017. Awan mendung tebal pada pagi itu tidak menyurutkan semangat dari seluruh pegawai BPK Perwakilan Provinsi Papua Barat, petugas upacara, satuan pengaman, Inspektur Upacara, dan pejabat struktural untuk tetap melaksanakan upacara bendera dengan penuh khidmat.

Mengawali upacara bendera, dilakukan pembacaan sejarah singkat BPK dari pertama berdiri hingga saat ini. Selanjutnya, seluruh peserta upacara menyanyikan hymne dan mars BPK yang memberikan semangat dalam melaksanakan tugas menjaga keuangan negara dengan semangat Pancasila.

Kepala Sub Bagian Keuangan, Sigit Setyo Wibowo, S.E., M.B.A., bertindak selaku Komandan upacara, dan Kepala Perwakilan, Ir. Adi Sudibyo, M.M., bertindak sebagai Inspektur Upacara. Inspektur Upacara dalam amanatnya, membacakan Pidato Ketua BPK RI yang mengangkat mengenai visi BPK yang tercantum dalam Renstra 2016-2020 yaitu “Menjadi Pendorong Pengelolaan Keuangan Negara Untuk Mencapai Tujuan Negara Melalui Pemeriksaan yang Berkualitas dan Bermanfaat”. Selanjutnya dalam naskah sambutan tersebut, Ketua BPK juga memaparkan adanya penetapan Standar Pemeriksaan Keuangan Negara (SPKN) yang baru menggantikan SPKN Tahun 2007, sebagai bentuk penyesuaian dengan standar pemeriksaan internasional, nasional, maupun tuntutan kebutuhan saat ini. Dengan adanya SPKN yang baru ini diharapkan pemeriksa dapat segera melaksanakan pemeriksaan dengan mengacu salah satunya kepada SPKN yang baru ini. Dalam hal penyempurnaan tata kelola dan proses bisnis organisasi, BPK juga melaunching Sistem Informasi Pemantauan Tindak Lanjut (SiPTL) di HUT ke-70 BPK. Penerapan SiPTL merupakan tonggak dari pembangunan organisasi yang digerakan dengan teknologi informasi (IT-driven organization) yang menjadi tuntutan saat ini.

Di tingkat internasional, BPK telah meningkatkan peran dan kontribusinya, BPK terpilih menjadi auditor eksternal independen untuk International Ant Coruption Academy (IACA). BPK juga menjadi anggota panel eksternal auditor PBB yang bertugas sebagai lembaga pemeriksan untuk badan-badan dalam komunitas PBB. Selain itu BPK juga dipercaya menjadi eksternal auditor bagi Badan Atom Dunia atau International Atomic Energy Agency (IAEA). Hal ini merupakan suatu bentuk kepercayaan dunia internasional kepada BPK.

Di akhir sambutannya, Inspektur Upacara membacakan pesan Ketua BPK RI kepada seluruh jajaran di BPK untuk selalu menjunjung tinggi integritas, independensi, dan profesionalisme.


Dirgahayu BPK RI ke-70 Tahun 2017!