Selasa, 27 Juni 2017 

BPK Ikuti Festival Hari Anti Korupsi 2015

14/12/2015 – 14:24

Kamis, 10 Desember 2015, Dalam rangka memperingati Hari Antikorupsi Se-dunia, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) mengikuti Festival Hari Anti Korupsi 2015 yang dilaksanakan di Sasana Budaya Ganesha Bandung.

Festival Hari Anti Korupsi yang dilaksanakan selama dua hari tersebut mengambil tema “Bersama Membangun Negeri, Bersama Memberantas Korupsi” dibuka oleh Plt Ketua KPK, Taufiqurachman Ruki, dihadiri oleh pimpinan KPK, pimpinan lembaga negara, sejumlah menteri kabinet kerja, Gubernur Jawa Barat, Walikota Bandung, serta para penggiat anti korupsi seluruh Indonesia.

Dalam sambutannya yang dibacakan oleh Menko Polhukam, Presiden Republik Indonesia mengatakan pemberantasan korupsi bisa diberantas dengan pencegahan dan ketegasan aparat penegak hukum. Untuk mencegah dan memerangi korupsi memerlukan langkah-langkah komperehensif, kuncinya rakyat ikut terlibat, kerjasama bahu membahu antar lembaga penegak hukum, serta keteladanan pemimpin pusat dan daerah.

Selain itu, Presiden juga mengingatkan bahwa pemberantasan korupsi harus dilawan bersama-sama, harus ada partisipasi dari seluruh rakyat Indonesia. Bila seluruh elemen bangsa bersatu akan lahir keberanian dan akan lahir ketegasan untuk memberantas korupsi.

Pemerintah akan senantiasa mendukung semua langkah pencegahan dan pemberantasan korupsi, karena bangsa ini akan menjadi besar jika bebas dari korupsi.

Terkait peringatan Hari Anti Korupsi 2015, BPK sebagai lembaga negara yang mempunyai tugas melaksanakan pemeriksaan pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara ikut berpartisipasi dalam acara tersebut.

Bentuk partisipasi yang dilaksanakan oleh BPK adalah dengan mengikuti pameran pada Festival Hari Anti Korupsi 2015. Dengan mengikuti pameran pada Festival Hari Anti Korupsi 2015, BPK dapat menjelaskan mengenai visi, misi, tugas dan fungsi, tujuan strategis serta dokumentasi kegiatan BPK sebagai lembaga negara yang melaksanakan tugas pemeriksaan pengelolaan dan pertanggungjawaban keuangan negara kepada khalayak.

Dengan ikut berpartisipasinya BPK dalam Festival Hari Anti Korupsi menunjukan komitmen BPK dalam mencegah segala bentuk penyalahgunaan dan penyelewengan keuangan negara serta berperan aktif dalam pemberantasan korupsi di Indonesia.