Senin, 26 Juni 2017 

PENGARAHAN UMUM ANGGOTA VI BPK RI DI PROVINSI PAPUA BARAT

01/07/2015 – 15:36

PengarahanManokwari, 25 Juni 2015 –Anggota VI BPK RI, Prof. Dr. Bahrullah Akbar, M.B.A melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Papua Barat. Dalam kunjungan tersebut Anggota VI BPK RI memberikan pengarahan umum kepada Pemerintah Daerah Provinsi Papua Barat dalam acara ramah tamah dan berbuka puasa bersama. Hadir dalam acara tersebut Gubernur Papua Barat, Abraham O. Atururi, Wakil Ketua I DPR Papua Barat, Robert Manibuy, Wakil Ketua Majelis Rakyat Papua Provinsi Papua Barat (MRP PB), Anike TH Sabami, Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPR) Papua Barat, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Papua Barat, seluruh Pimpinan SKPD, Pejabat Es. III dan Bendahara SKPD se-Provinsi Papua Barat serta Tokoh Masyarakat Provinsi Papua Barat. Acara dibuka dengan sambutan Gubernur Papua Barat, Abraham O. Atururi yang memberikan sambutan hangat atas kedatangan Anggota VI BPK RI di Provinsi Papua Barat.

Acara dilanjutkan dengan pengarahan umum oleh Anggota VI BPK RI. Dalam arahannya Anggota VI BPK RI memerikan materi terkait “Audit dan Kesejahteraan Rakyat”. Anggota VI BPK RI memaparkan dengan jelas landasan hukum keuangan negara dan Pilar Kemakmuran, Pasal 23 ayat (1) UUD 1945 yang menyatakan bahwa “anggaran pendapatan dan belanja negara sebagai wujud dari pengelolaan keuangan negara ditetapkan setiap tahun dengan undang-undang dan dilaksanakan secara terbuka dan bertanggungjawab untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat”.

Anggota VI BPK RI lebih lanjut menjelaskan hubungan Audit dan kesejahteraan rakyat terkait pengelolaan keuangan Negara/Daerah dengan audit kinerja BPK RI yang akan menghasilkan pengelolaan keuangan yang ekonomis, efisien dan efektifitas terhadap output dan outcome dari pengelolaan keuangan Negara/Daerah. Hasil audit BPK RI mampu menggambarkan adanya hubungan audit dengan kesejahteraan masyarakat, dengan indikator antara lain, Indeks Pembangunan Manusia, Petumbuhan Ekonomi, Pendapatan per Kapita, Rasio Gini, Kemiskinan, Pengangguran dan Indeks Williamson.

Anggota VI BPK RI juga memaparkan mengenai pertumbuhan rata-rata Dana Otsus Papua dan Papua Barat dari tahun 2009-2013. Tidak lupa Anggota VI BPK RI mengucapkan rasa kagum dan bangga kepada tanah Papua seperti yang diucapkan dalam lirik lagu “Tanah Papua”. Rangkaian acara berlangsung hangat dan lancar ditutup dengan sesi tanya jawab terkait materi yang dipaparkan Anggota VI BPK RI, dan diakhiri dengan buka puasa bersama.