Senin, 23 Oktober 2017 

UPACARA PERINGATAN HUT BPK RI KE – 68

16/01/2015 – 19:07

Foto Upacara 2015

 

 Manokwari, 15 Januari 2015 РDalam suasana cuaca yang cerah, pegawai BPK Perwakilan Provinsi Papua Barat melaksanakan Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia Ke-68 di halaman Kantor BPK Perwakilan Provinsi Papua Barat pada hari Kamis 15 Januari 2015, pukul 08.00 WIT. Bertindak selaku Inspektur upacara adalah Kepala Perwakilan BPK Papua Barat, Dali Mulkana.

Dalam Upacara tersebut Kepala Pewakilan membacakan Sambutan Ketua BPK RI, Harry Azhar Azis, menyampaikan selamat hari ulang tahun ke-68, mudah-mudahan, seiring dengan bertambahnya usia BPK, kita dapat membawa BPK melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya untuk kemajuan Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Pada penghujung tahun 2014 kemarin, berkat capaian kinerja BPK, seluruh pegawai BPK mendapat kenaikan tunjangan khusus pembinaan kegiatan yang dihitung sejak bulan Juli 2014. Mudah-mudahan kenaikan tunjangan tersebut semakin menambah semangat kerja kita di tahun 2015 dan tahun-tahun berikutnya.

Sebagai konsekuensi dari kenaikan remunerasi tersebut tentunya kita wajib meningkatkan kinerja kita. Untuk itu, marilah kita tunjukkan rasa tanggung jawab dan disiplin kita agar semangat independensi, integritas, dan profesionalisme dapat kita junjung tinggi dalam rangka pengabdian kita kepada ibu pertiwi.

Dalam lima tahun terakhir (2010 s.d. semester I 2014), BPK menyampaikan sebanyak 201.976 rekomendasi senilai Rp66,17 triliun kepada entitas yang diperiksa. Dari jumlah tersebut, baru sebanyak 50,86% atau 102.719 rekomendasi senilai Rp22,45 triliun yang ditindaklanjuti sesuai dengan rekomendasi. Sisanya masih dalam proses tindak lanjut dan ada yang belum ditindaklanjuti.

Di Indonesia, beberapa tahun terakhir, laporan keuangan kementerian dan lembaga (LKKL) dan pemerintah daerah (LKPD) sudah semakin banyak yang memperoleh opini WTP. Oleh karena itu, ke depan, sudah waktunya bagi BPK lebih memprioritaskan pada pemeriksaan kinerja. BPK harus memberikan perhatian dan prioritas dalam pemeriksaannya pada program-program yang memberikan dampak bagi peningkatan kesejahteraan rakyat. Termasuk, BPK harus memberikan perhatian besar pada pemeriksaan atas program-program yang menguasai hajat hidup orang banyak dan rawan terjadi korupsi. Dengan cara demikian, akan terlihat dengan jelas korelasi pemeriksaan BPK dengan upaya peningkatan kesejahteraan rakyat.

Pemeriksaan kinerja tersebut difokuskan pada program-program yang berkaitan dengan upaya peningkatan kesejahteraan rakyat. Khususnya yang ada dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMN) Pemerintah tahun 2015-2019. Dengan demikian, selain BPK memberikan penilaian atas laporan keuangan, pada saat yang sama BPK juga memberikan penilaian atas upaya pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Setelah kata sambutan Ketua BPK dibacakan oleh Kepala Perwakilan, Dali Mulkana, mengucapkan terima kasih kepada petugas upacara yang telah melaksanakan tugasnya dengan baik.

Dirgahayu BPK ke 68 Tahun 2015