Senin, 26 Juni 2017 

SOSIALISASI PERUBAHAN PT ASKES (PERSERO) MENJADI BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL (BPJS) KESEHATAN

03/02/2014 – 15:47

Sosialisasi Perubahan PT Askes (Persero) Menjadi BPJS Kesehatan

 

Sehubungan dengan adanya peralihan PT Askes (Persero) menjadi Badan Penyelenggara Jaminan (BPJS) Kesehatan, BPK RI Perwakilan Provinsi Papua Barat mengadakan acara Sosialisasi BPJS Kesehatan kepada seluruh pegawai pada hari Rabu, 29 Januari 2014 di Auditorium BPK RI Perwakilan Provinsi Papua Barat. Acara ini dibuka oleh Kepala Sekretariat Perwakilan BPK RI Provinsi Papua Barat, Andi Sonny, S.H, M.M., dengan mengundang narasumber dari BPJS Cabang Manokwari, yang diwakili oleh Bapak Jawal dan Bapak Thomas.

Dalam acara ini, narasumber menjelaskan landasan kebijakan perubahan PT Askes (Persero) menjadi BPJS Kesehatan, mekanisme pengelolaan BPJS Kesehatan, dan manfaatnya bagi peserta. Sejak perubahan PT Askes (Persero) menjadi BPJS Kesehatan pada tanggal 1 Januari 2014, seluruh penduduk Indonesia dapat menjadi Peserta Jaminan Kesehatan, bukan hanya terbatas pada Pegawai Negeri Sipil.

Beberapa manfaat BPJS Kesehatan antara lain:

  • Keluarga inti yang ditanggung sebanyak 5 (lima) orang, misalnya: suami, istri, dan 3 (tiga) anak.
  • Sistem iuran yang lebih sederhana
  • Mekanisme Dokter Keluarga sebagai alternatif untuk Puskesmas yang merupakan Fasilitas Kesehatan Pertama yang disediakan oleh BPJS Kesehatan, sebelum pasien dirujuk ke Rumah Sakit yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.
  • Jika seseorang memiliki asuransi kesehatan dari perusahaan asuransi swasta, maka sisa biaya yang tidak ditanggung BPJS Kesehatan karena melampaui batas yang telah ditentukan untuk ditanggung tersebut dapat diklaim untuk ditanggung oleh perusahaan asuransi swasta.
  • Dapat mendaftarkan Anggota Keluarga Bukan Inti (misalnya Ayah, Ibu, Kakek, Nenek, dan lain-lain) dan Bukan Anggota Keluarga (misalnya Asisten Rumah Tangga, dan lain-lain) dengan membayar tambahan iuran.

Para pegawai dan tenaga kontrak di lingkungan BPK RI Perwakilan Provinsi Papua Barat menyambut dengan antusias kegiatan sosialisasi ini. Hal ini terlihat dari banyaknya pertanyaan-pertanyaan yang disampaikan oleh peserta kepada narasumber.

Mari dukung BPJS Kesehatan! Daftarkan seluruh anggota keluarga Anda untuk mendapatkan manfaat penuh perlindungan kesehatan yang disediakan pemerintah lewat BPJS Kesehatan.