Senin, 26 Juni 2017 

Serah Terima Jabatan Kepala Perwakilan

21/09/2011 – 13:42

Manokwari, Senin (19 September 2011) – Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) Perwakilan Provinsi Papua Barat kembali berganti pimpinan. Kepala Perwakilan sebelumnya, Didi Budi Satrio, S.H., M.M., yang menjabat sejak Oktober 2010 memangku jabatan barunya sebagai Kepala Perwakilan BPK RI Provinsi Sulawesi Tenggara dan digantikan R. Suyatna, S.H. , M.M. yang sebelumnya memangku jabatan sebagai Kepala Sub Auditorat I.A.2 di Auditorat Utama Keuangan Negara I BPK RI.

Bertempat di Auditorium BPK RI Perwakilan Provinsi Papua Barat di Jalan Sowi Gunung No.3 Papua Barat, Senin (19/9) dilakukan serah terima jabatan (Sertijab) Kepala Perwakilan BPK RI Provinsi Papua Barat. Sertijab ini ditandai dengan penandatanganan dan penyerahan Buku Memori Akhir Jabatan Kepala Perwakilan BPK RI Provinsi Papua Barat oleh Didi Budi Satrio, S.H., M.M. kepada R. Suyatna, s.H., M.M. Hadir dalam acara ini Auditor Utama Keuangan Negara VI Abdul Latief, S.E, M.M., Plt. Gubernur Papua Barat Tanri Balli Lamo, Ketua DPR Papua Barat (DPR PB) Johan Yoseph Auri, dan Bupati Kabupaten Manokwari Dr. Bastian Salabay, S.Th. dan jajaran Muspida Kabupaten Manokwari.

Acara dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Pembacaan Surat Keputusan Sekretaris Jendral BPK RI. Selanjutnya dilanjutkan dengan penandatanganan dan serah terima Memori Akhir Jabatan Kepala Perwakilan BPK RI Perwakilan Provinsi Papua Barat oleh Kepala perwakilan lama, Didi Budi Satrio selaku Pihak Pertama yang menyerahkan tugas dan tanggung jawab sebagai Kepala Perwakilan BPK RI Provinsi Papua Barat kepada R. Suyatna, S.H., M.M. selaku Kepala Perwakilan baru. Dalam penandatanganan Naskah Serah Terima Jabatan ini, Auditor Utama Keuangan Negara VI, Abdul Latief, S.E., M.M. bertindak sebagai saksi.

Dalam kata sambutannya, Abdul Latief, S.E., M.M. selaku Auditor Utama Keuangan Negara VI BPK RI, menyampaikan sebagai pengelolaan sumber daya manusia di lingkungan BPK maka, sesuai baperjakat dan kebijakan pimpinan badan telah dilakukan promosi dan mutasi jabatan. Promosi dan mutasi jabatan di lingkungan BPK merupakan hal biasa yang rutin dilakukan di lingkungan BPK, selain itu mutasi dan promosi jabatan di lingkungan BPK merupakan hal yang signifikan dan strategis dalam pengembangan SDM BPK dalam menjaga nilai-nilai BPK yang mengedepankan profesionalisme, integritas, dan independensi. Pergantian pimpinan juga merupakan implementasi dari pola karir di BPK, dan penyegaran bagi yang bersangkutan, sertadalamrangka memenuhi kebutuhan BPK dalam pencapaian visi dan misinya.

Sebelum Sertijab ini pada hari Jumat (29/7) telah dilaksanakan pengambilan sumpah/janji di Ruang Pola Gedung Arsip BPK RI Lantai IV Jakarta sehubungan dengan Surat Keputusan Sekretaris Jenderal BPK RI Nomor 238/K/X-X.3/07/2011 tanggal 26 Juli 2011 tentang Pengangkatan, Pemindahan dan Pemberhentian Dalam dan Dari Jabatan Struktural Eselon II Pada Pelaksana Badan Pemeriksa Keuangan.

Buku Memori Akhir Jabatan Kepala Perwakilan BPK RI Provinsi Papua Barat merupakan dokumentasi ringkas atas capaian prestasi, tantangan, kendala, serta kiprah BPK RI Perwakilan Provinsi Papua Barat dalam menegakkan transparansi dan akuntabilitas keuangan negara di lingkungan Provinsi Papua Barat.